HeadlineJelajah

Ponorogo Viral Ratusan Anak Ajukan Dispensasi Nikah Karena Hamil, Bupati Kumpulkan Stakeholder

Pemkab Ponorogo kebakaran jenggot pasca viralnya pemberitaan, ratusan pelajar married by accident – MBA dan mengajukan dispensasi nikah sepanjang tahun 2022 lalu. Bupati Sugiri Sancoko Senin 16 Januari 2023, mengumpulkan semua stakeholder yang ada di gedung Bappeda termasuk dari Dindik, Pengadilan Agama, Kemenag, Ormas, Kodim dan Polres.

Mereka diajak berembuk mencari solusi ke depan agar anak-anak di Ponorogo tidak terjerumus gaya pacaran tanpa mengindahkan norma agama dan susila serta menghindari pergaulan bebas. Kepada wartawan usai acara, orang nomor satu di Pemkab tersebut mengatakan sebenarnya jika melihat data dispensasi nikah di kota reog masih lebih rendah dibanding kabupaten di Jatim seperti Trenggalek dan Bojonegoro.

Namun tetap menjadi perhatian khusus dimana akan menjadi Pekerjaan rumah bagi pemerintahnya. Selain itu kata kang Giri, ada fenomena pernikahan siri atau sah secara agama di masyarakat yang usianya belum mencapai 19 tahun. Sehingga ketika hamil maka mereka mencari dispensasi nikah resmi. Kondisi inilah yang mungkin dikesampingkan alias digebyah uyah penyebabnya karena sudah melakukan hubungan intim sebelum menikah.

Meningkatnya angka dispensasi juga karena aturan pemerintah yang baru, syarat usia nikah minimal 19 tahun untuk laki-laki dan perempuan., Pihaknya akan melakukan mapping penyebab dispensasi nikah dan yang sudah menikah kalau ingin meneruskan sekolah akan difasilitasi. Sebenarnya selama ini pendidikan agama selalu ditanamkan di sekolah-sekolah. Sesuai Perbup anak sudah harus hafal juz 30 sebelum masuk SMP.