HeadlineJelajah

448 Unit Rumah Rusak Karena Bencana Alam Sepanjang Tahun 2022

Ratusan rumah di Ponorogo rusak parah akibat bencana alam sepanjang tahun 2022 .  Data di BPBD ada sekitar 448 unit  dengan tingkatan ringan hingga berat  . Kepala pelaksana BPBD ponorogo  Henry Indra Wardana  menjelaskan sudah menyampaikan banyaknya rumah rusak itu ke bupati  untuk tindak lanjutnya .

Kerusakan bangunan rumah  merupakan kerusakan infrastruktur paling banyak  dibanding dengan tempat ibadah, sekolah jalan hingga sarana irigasi .  Pihaknya merinci , kerusakan infrastruktur berupa  jalan ada di 48 titik , 16 jembatan, 38 plengsengan, 50 tanggul .  Untuk  fasilitas umum lainnya seperti sekolah, masjid, dan tiang listrik dengan total 23 .  Adapun kerusakan lahan akibat bencana teridentifikasi seluas 54,1 hektare .

Ditambahkan, penanganan pasca bencana khususnya kerusakan infrastruktur menjadi kewenangan dinas terkait termasuk   penganggaran berikut pelaksanaan teknis perbaikan .  Kerusakan jembatan misalnya, maka kewenangan penanganan sepenuhnya berada di Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Ponorogo .  Sama halnya kewenangan penanganan kerusakan infrastruktur gedung sekolah menjadi tanggung jawab dinas pendidikan (dindik) setempat .

Sepanjang tahun 2022 bencana di ponorogo ada 340 kejadian bencana berdasarkan data yang tercatat BPBD Ponorogo .  Terdiri dari 173 bencana tanah longsor, 99 banjir, 5 tanah gerak, 1 tanah amblas, 6 tanah retak, 47 angin kencang, 8 kebakaran, dan 1 kekeringan dengan kerugian 1,7 milyar .