Naikkan Grade Tembakau, Dipertahankan Sentuh Kelompok Tani Melalui 3 Aspek

Baiknya kualitas tembakau yang ada di Ponorogo saat ini, tak lepas dari dukungan dan upaya pendampingan yang terus dilakukan Dinas pertanian ketahanan pangan dan perikanan – Dipertahankan selama ini kepada para kelompok tani.


OPD yang dipimpin Masun tersebut membantu petani melalui 3 aspek yakni  produksi, pasca panen dan bagaimana menyiapkan infrastruktur dasar bagi pertanian tembakau.

Kepada gema surya, orang nomor satu di dinas pertanian tersebut menjelaskan untuk aspek produksi, pihaknya membekali pengetahuan petani dengan sekolah lapang yang sudah dilakukan sejak awal musim tanam tembakau.

Untuk pasca panen, bagaimana kualitas tembakau bisa memenuhi grade standart pabrik dengan memberikan bantuan peralatan yang canggih. Dan yang terakhir aspek infrastruktur, pihaknya menyiapkan jalan usaha tani  di area lahan tembakau dan juga  menyiapkan sumber air.

Dari 3 aspek itu lanjut Masun, yang paling penting adalah di pasca panen. Pihaknya memotivasi agar petani memiliki posisi tawar yang baik dengan kualitas tembakau terbaik sehingga harga tidak mudah dipermainkan. Selama ini pihaknya sudah bermitra dengan salah satu produsen rokok.

Sementara Jelang akhir tahun ini kata Masun, banyak kegiatan yang digelar oleh dinas pertanian, yakni tanggal 13 Desember 2022, ada temu petani tembakau. Kegiatan itu serangkaian dengan kegiatan pertanian lainnya  seperti gelar pangan murah, hingga promosi pangan sehat.