Pemkab Buat Jalur Khusus Untuk Sepeda, Dimulai Dari Jalan HOS Cokroaminoto

Kabar gembira untuk warga Ponorogo yang suka bersepeda. Pemkab akhirnya menyediakan fasilitas khusus yakni membuat jalur sepeda yang dibangun secara bertahap di beberapa ruas jalan di kabupaten ini.


Endang Retno Wulandari Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Ponorogo mengatakan, jalur khusus sepeda membentang di sepanjang Jalan HOS Cokroaminoto. Keberadaan jalur sepeda menjadi bagian dari tata kelola lalu lintas dimana memberikan perlindungan dan menjamin keselamatan terhadap tataran terkecil moda transportasi, yakni pesepeda.

Jalur dengan lebar sekitar dua meter itu dikhususkan bagi pengendara sepeda. Selain itu kata Retno, jalur sepeda merupakan implementasi sebagaimana dimandatkan melalui Perda Nomor 1/2020 tentang Penyelenggaraan Jalan dan Pengaturan Lalu Lintas. 

Utamanya pasal 48 menyebutkan bahwa setiap jalan untuk lalu lintas umum wajib dilengkapi dengan perlengkapan fasilitas sepeda, pejalan kaki dan penyandang cacat. Retno mengungkapkan, jalur sepeda ini memang tidak langsung dibangun di seluruh jalan.

Pembangunan nya bertahap dimulai di Jalan HOS Cokroaminoto. Rencananya dalam waktu dekat, akan ditindaklanjuti di Jalan Jenderal Sudirman (Jendsud) dan Urip Sumoharjo (Ursum) juga bakal dilengkapi dengan jalur khusus sepeda. Diharapkan jalur tersebut tidak digunakan untuk pengendara kendaraan bermotor.