Jelajah

Peserta Muktamar Muhammadiyah Aisyiyah Ponorogo Dilepas Dengan Pawai Kendaraan Hingga Perbatasan Wonogiri Jateng

Iring-iringan puluhan kendaraan siap mengantar peserta Muktamar Muhammadiyah Aisyiyah ke 48 Solo, dari paseban Aloon-aloon hingga perbatasan Ponorogo Wonogiri Jawa tengah, Jumat 18 November 2022.

Sugeng Riyadi, ketua divisi acara menjelaskan, ada sekitar 50 kendaraan roda 4 dan 20 sepeda motor yang siap menghantarkan 15 utusan dari Ponorogo tersebut. Sesuai rencana, sebelum diberangkatkan akan mampir dulu di Pringgitan kabupaten kemudian akan dilepas oleh bupati Sugiri Sancoko. Di paseban Aloon-aloon ada acara seremonial tapi tidak lama, mengingat jam 09.00 pagi dijadwalkan sudah diberangkatkan. 

Yang menarik, selain memberangkatkan 15 utusan yakni dari Pimpinan Daerah Muhammadiyah – PDM dan Pimpinan daerah aisyiyah – PDA, juga satu armada bus yang berisi utusan dari Lampung Timur. Sehari sebelum berangkat ke arena Muktamar, rombongan yang terdiri dari 48 orang tersebut sengaja mampir ke Ponorogo untuk silaturahmi.

Dijelaskan untuk mobil peserta muktamar Solo, pihaknya menyediakan 4 kendaraan, dan mobil khusus untuk membawa barang-barang. Rombongan tersebut juga akan disertai mobil dari tim kesehatan rumah sakit Muhammadiyah maupun Aisyiyah yang juga siap memberikan layanan selama berada di arena muktamar. Muktamar akan semakin semarak, karena keberadaan para penggembira. Kabarnya untuk Ponorogo saja ada 48 armada bus yang akan diberangkatkan pada Sabtu 19 November 2022.

Muktamar ke-48 Muhammadiyah dan Aisyiyah akan dilaksanakan 18-20 November 2022. Presiden RI Joko Widodo disebut akan membuka langsung muktamar, sedangkan Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin dijadwalkan menutup muktamar. Informasi yang didapat gema surya dari berbagai sumber, ada 5 agenda pokok dalam Muktamar Muhammadiyah kali ini. 

Pertama, laporan PP Muhammadiyah 2015-2022. Kedua, membahas program 5 tahun ke depan. Ketiga, membahas Risalah Islam Berkemajuan. Keempat, membahas isu-isu strategis. Kelima, pemilihan Ketua Umum PP Muhammadiyah dan ketua umum PP aisyiyah  periode 2022-2027.