Jelajah

Banjir Semalam Suntuk Bawa Banyak Kerusakan Infrastruktur, Kerugian Ratusan Juta Rupiah

Hujan deras yang mengguyur hampir semua wilayah di Ponorogo pada Jumat (7/10), membawa kerugian material yang cukup besar. Meski BPBD bersama instansi terkait terus melakukan pendataan untuk angka pastinya, tapi diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah. Selain jembatan penghubung desa Ngrukem Mlarak dan Kemuning Sambit yang putus, lahan pertanian maupun rumah penduduk yang terendam banjir karena ada tanggul sungai yang jebol, juga puluhan rumah roboh di Ngrayun, Wagir Kidul Pulung, Ngebel, Pudak dan Sooko.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Ponorogo, Surono menjelaskan, pihaknya sudah turun ke lokasiĀ  melakukan pendataan dan pengecekan untuk tingkat keparahan bencana. Adapun yang bisa ditangani manual, pihak kecamatan maupun desa sudah melaksanakan kerja bakti, tapi jika harus mendatangkan alat berat, pihaknya siap membantu.

Seperti terjadi di Siman, alat berat diturunkan untuk membersihkan sungai dari sampah carang bambu dan pohon pisang. Begitu juga di sekitar Jembatan Ngrukem yang putus, ada barongan bambu yang menyumbat aliran sungai sehingga harus diangkat dengan alat berat. Pihaknya juga mengusulkan adanya pembangunan jembatan darurat penghubung Desa Ngrukem dan Kemuning, mengingat sangat vital sembari nantinya menunggu jembatan permanen.