Jelajah

Serapan Anggaran 3 OPD Lemot, Sekda Lakukan Evaluasi

Hingga pertengahan September 2022, penyerapan anggaran di 3 Organisasi Perangkat Daerah ( OPD ) Pemkab Ponorogo lemah. 3 Satuan Kerja ( Satker ) itu adalah DPU-PKP, Dinas kesehatan, dan Dinas pertanian ketahanan pangan dan perikanan – Dipertahankan.

Sekda Agus Pramono mengatakan, pihaknya akan melakukan evaluasi di 3 OPD itu guna mengetahui faktor dan penyebab rendahnya serapan anggaran hingga saat ini. 

Evaluasi yang dilakukan 4 hari ini untuk melihat kendala dan faktor penghambat realisasi. Hal ini untuk mencari solusi agar hingga akhir Desember serapan anggaran APBD bisa 100%. Saat ditanya wartawan berapa persen serapan anggaran 3 dinas itu, Sekda yang juga ketua tim anggaran pemerintah daerah ( TAPD) enggan menjelaskan.

Yang pasti saat ini pihaknya telah berkoordinasi dengan BPPKAD untuk melakukan evaluasi terhadap progres serapan anggaran yang ada di OPD. Diperkirakan, progres belum maksimal terjadi di DPU-PKP, Dinkes, dan Dipertahankan karena banyak proyek besar yang butuh perencanaan matang.