Ciptakan Sabun Cuci Piring Ramah Lingkungan, Murid SMKN 1 Ponorogo Juara 1 Lomba KWU Tingkat Nasional

Sabun cuci piring berbahan baku lidah buaya dan probiotik menghantarkan SMK Negeri 1 Ponorogo juara satu tingkat nasional dalam Madani Entrepreneur Academy (MEA) 2022 di Menara PT Permodalan Nasional Madani (PNM) jakarta. Sabun cuci piring dengan nama Sari Green Wash itu dinilai ramah lingkungan karena berbahan dasar lidah buaya dan prebiotik, Tim dari SMK yang ada di Jalan Jendral Sudirman tersebut mampu menyisihkan 240 tim dari 95 sekolah di 14 provinsi di Indonesia. Tim Fantastic SMKN 1 Ponorogo yang pulang membawa kemenangan adalah Yeni Nadila Hartiningtyas, Berbie Diva Aulia dan Dwi Nur Susanti.


Sri Wahyuni, Pembina Kewirausahaan (KWU) SMKN 1 Ponorogo mengaku bangga dan bersyukur atas prestasi anak didiknya itu. Perjuangan mereka selama ini tidak sia-sia karena terbayar dengan kemenangan. Dijelaskan, Tim sebelumnya dibimbing  melalui pembekalan diklat online pada tanggal 22 Agustus lalu. Dari situ mereka diberi tantangan untuk bisa berinovasi membuat satu produk yang ramah lingkungan.

Sebenarnya ada 2 team yang diajukan yakni membuat sabun cuci berbahan lidah buaya dan probiotik, dan team dengan produk memanfaatkan bekas celana jeans menjadi kerajinan tangan. Namun satunya lolos dalam 100 besar saja. Lebih lanjut dikatakan,  jika sabun cuci piring berbahan dasar lidah buaya dipilih karena selama ini anak anak melihat pencemaran air dari sabun detergen dan menjadi limbah rumah tangga. Pihak sekolah bekerja sama dengan salah satu rekanan untuk mewujudkan produk tersebut. MEA sendiri merupakan program pembekalan dan kompetensi kewirausahaan untuk siswa siswi SMK dan SMA. Karenanya anak anak selain sudah punya produk juga terdidik memiliki jiwa entrepreneurship

Sementara Suryanto Spd, Kepala SMKN 1 Ponorogo juga mengaku bangga dan bersyukur karena prestasi tersebut, dan berharap jadi motivasi para siswa lainnya. Apalagi raihan prestasi itu bukan kali pertama, sebab sebelumnya pernah menjadi juara ketiga dalam event yang sama.

Yeni Nadila Hartiningtyas, siswa kelas 12 AKL 5 SMKN 1 Ponorogo tidak menyangka jika inovasi yang dilakukan timnya dengan menciptakan produk Sabun Cuci Piring Green Wash tersebut akhirnya bisa meraih juara pertama dan mengalahkan ratusan peserta lainnya.