Jelajah

Monumen Reog Raksasa Setinggi 126 Meter Akan Segera Dibangun di Sampung, Pemkab Gelar Sayembara

Monumen reog raksasa setinggi 126 meter, akan segera di bangun di desa Sampung. Dinas kebudayaan pariwisata, pemuda dan olah raga – Disbubparpora Pemkab Ponorogo menggelar sayembara Desain Gagasan Arsitektur Monumen REOG.

Yudha Slamet Sarwo Edy, kepala Disbudparpora mengatakan, sayembara tersebut dibuka untuk umum, dimana mengajak semua masyarakat untuk berpartisipasi mewujudkan monumen kebanggaan kabupaten Ponorogo yang diklaimnya tertinggi di Indonesia.

Pendaftaran telah dibuka tanggal 16 Agustus 2022, dan akan ditutup 2 September dengan hadiah ratusan juta rupiah. Dijelaskan, Monumen reog dan museum peradaban akan dibangun di bukit gamping dengan rencana  anggaran Rp 80 milyar dengan sistem multiyears selama 3 tahun.

Anggarannya, selain bersumber dari APBD 2022 juga ada bantuan keuangan dari provinsi jawa timur. Pembangunan monumen reog dan museum peradaban bertujuan menjadikan wilayah tersebut lebih cepat dikenal banyak orang sehingga akan jadi kawasan wisata. Ke depan pihaknya juga mengundang investor agar bersedia membangun hotel bintang lima di wilayah tersebut.

Pembangunan monumen reog di Sampung sangat strategis, pasalnya lokasinya tidak jauh dari Telaga Sarangan sekitar 35 menit. Sementara jarak dari Kota Ponorogo hanya sekitar 12 kilometer. Sebagai daerah yang menuju kota wisata dibutuhkan destinasi yang lengkap sehingga  dibutuhkan wisata yang memikat.

Lebih lanjut dikatakan jika untuk juri sayembara, akan melibatkan sejumlah perguruan tinggi ternama yang bergerak di bidang seni dan ikatan arsitek indonesia.