HeadlineJelajah

Event Puncak Grebeg Suro, 4 ton Sampah Diangkut Dinas Lingkungan Hidup

Kesadaran warga masyarakat Ponorogo dalam mengelola sampah bisa dibilang masih rendah. Hal ini bisa dilihat dari sampah yang berhasil dikumpulkan oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Ponorogo saat puncak perayaan Grebeg Suro 2022. Selama tiga hari, tim pasukan kuning mendata kurang lebih 4 ton sampah terkumpul.

Sampah-sampah yang didominasi plastik bekas makanan minuman tersebut kata Kamsun Kabid Pengelolaan Sampah dan Pertamanan DLH Ponorogo, diperoleh dalam kurun waktu tiga hari, yakni saat Kirab Pusaka, Penutupan Reog di Aloon- Aloon dan Konser Katong Fest. Jika dirinci dari Kirab Pusaka, 1 dump truck yang di standby kan penuh dengan sampah. Bahkan pihaknya juga sempat menambah personil kebersihan yang ditugaskan khusus memungut sampah di pinggir jalan. Bisa dibayangkan berapa banyak plastik yang terbuang padahal itu masih 1 event. Malamnya digelar penutupan Grebeg Suro dan keesokan harinya Konser Musik. Kontainer besar yang disediakan di Aloon-Aloon ternyata juga penuh setiap harinya.

Masih kata Kamsun, Pihaknya juga sangat menyayangkan, lantaran setiap kali digelar event besar, sampah selalu menjadi persoalan. Tak jarang warga meninggalkan begitu saja bekas mamin hingga berserakan dijalan. Sampah bukanlah hanya menjadi tanggung jawab Dinas Lingkungan Hidup melainkan kesadaran semua warga. Siapapun yang memimpin, jika kesadaran warga akan sampah belum baik, pastinya akan tetap menjadi persoalan.