SMK PGRI 1 Kerahkan 150 Siswa Untuk Grebeg Suro, Salah Satunya 8 Pasukan Berkuda Kirab Pusaka

Suksesnya perayaan Grebeg Suro tahun 2022 ini, tak lepas dari peran berbagai pihak salah satunya SMK PGRI 1 Ponorogo. SMK yang berada di jalan Irawan Kepatihan tersebut all out membantu suksesnya pelaksanaan dengan mengerahkan kemampuan yang ada baik SDM maupun financial.


Seperti disampaikan drs. Djemito Mpdi, kepala SMK PGRI 1 Ponorogo, pihaknya mengerahkan 150 siswa untuk memeriahkan sejumlah kegiatan dari bedol pusaka, kirab pusaka, hingga karawitan. Untuk anggaran, sedikitnya 20 juta rupiah dikeluarkan agar acara berjalan lancar dan mengesankan.

Lebih lanjut dikatakan, khusus untuk kirab pusaka, mengeluarkan 8 pasukan berkuda dimana kuda terbaik didatangkan dari Sarangan untuk mengawal kereta Bupati. Pasca kirab pusaka, ada jamasan pusaka dimana kedatangan rombongan juga disambut anak didiknya dengan karawitan Setyo Laras SMK PGRI 1 beserta pesinden nya serta tari Gambyong.

Drs. Jemito Mpdi menjelaskan all out mendukung perayaan Grebeg Suro setiap tahunnya karena menjadi bagian dari masyarakat. Menurutnya event Grebeg Suro bukan hanya milik daerah tapi milik masyarakat dan menjadi pesta rakyat. Apalagi kegiatannya seiring dengan pergantian tahun baru hijriyah dengan harapan menjadi pribadi yang lebih baik. ( adv )