Kurangi Sampah Plastik Pemkab Ponorogo Minta Idul Adha Tanpa Plastik

Peringatan Idul Adha tahun ini, Pemkab Ponorogo meminta panitia penyembelihan hewan kurban menghindari penggunaan kantong plastik untuk membungkus daging. Seni, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) mengatakan kebijakan tersebut sesuai dengan Surat Edaran Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan tentang perayaan Idul Adha tanpa sampah plastik. Instruksi itulah yang jadi landasan surat bupati untuk meneruskan kepada masyarakat. Bukan hanya tahun ini saja, himbauan menghindari plastik untuk bungkus daging kurban tapi sudah diberlakukan beberapa tahun terakhir. Pasalnya, plastik penyumbang sampah terbesar yang sulit diurai sehingga menimbulkan pencemaran.


Sebagai gantinya masyarakat diminta untuk membawa wadah/tempat sendiri yang dapat dipakai ulang atau mewadahi pembagian daging kurban. Selain itu pengganti kantong plastik sebagai wadah/tempat daging kurban, adalah dengan menggunakan daun (seperti daun pisang/daun jati), wadah anyaman bambu (besek) atau wadah lain yang tersedia di daerah masing-masing. Wadah/tempat tersebut dapat digunakan ulang atau dapat dikomposkan dan tidak menimbulkan sampah plastik.

Terakhir panitia diminta menyediakan sarana dan prasarana pengelolaan sampah seperti tempat sampah terpilah dan alat pengumpul sampah terpilah di lokasi pelaksanaan shalat Idul Adha dan pembagian daging kurban. Harapanya himbauan ini benar-benar direalisasikan saat perayaan Idul Adha 1443 H.