Vaksinasi PMK Sasar Ribuan Sapi Potong Di Ponorogo Ditarget Rampung 7 Juli Nanti

Ribuan sapi di Ponorogo akhirnya mendapatkan vaksinasi dari  Tim Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan ( Dipertahankan) Ponorogo .  Dari 8000 dosis vaksin yang turun , yang sudah disuntikkan sekitar 30 prosen atau sekitar 2400 dosis .


Masun kepala Dipertahankan mengatakan  pelaksanaan vaksinasi   memasuki hari ke enam dimana dimulai  sejak Sabtu lalu .  Vaksinasi di lakukan pada sapi yang sehat dengan prioritas sapi potong  yang tersebar di wilayah  Badegan, Siman, Balong, Pulung, Ngrayun .

Sementara  sapi perah yang sehat  di kecamatan  Pudak sejak Senin kemarin juga sudah dilakukan vaksinasi . Pihaknya menargetkan vaksinasi PMK tahap pertama akan selesai 7 Juli nantinya .  Meskipun ada kendala SDM , tapi sedikit terbantu  dengan adanya  relawan dari Universitas gajah Mada sebanyak 26 orang  yang dibagi 2 gelombang .

Setiap gelombang  bertugas  selama  3 hari . Pihaknya juga sudah menjalin komunikasi dengan Universitas Brawijaya  dan dijanjikan mengirimkan 10 relawan .

Sementara itu 8.000 dosis vaksin Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak akhirnya telah tiba di Ponorogo jumat sore .  8.000 dosis vaksin tersebut bakal disuntikkan pada 7.000 sapi perah dan seribu sapi potong atau pedaging .