Pemkab Bantu Biaya Penguburan Bangkai Sapi PMK, 500 Ribu Rupiah Per Ekor

Untuk meringankan beban kalangan peternak yang sapinya mati terkena Penyakit mulut dan kuku )PMK), Pemkab Ponorogo kan membantu biaya penguburan 500 ribu rupiah per ekor. Yudik Asmoro Santo Kabid kedaruratan dan logistik BPBD kepada gema surya Kamis (23/06) mengatakan, penyaluran bantuan tersebut masih dalam proses namun dalam waktu dekat akan segera realisasi.


Diakui bantuan itu memang tidak besar, tapi setidaknya bisa membantu kalangan peternak sapi sebab untuk mengubur bangkai butuh tenaga yang banyak yang tentu operasionalnya tidak sedikit, karenanya Bupati Sugiri telah memerintahkan untuk penganggaran biaya pemakaman sapi mati. Disinggung mengenai permintaan alat berat, pihak BPBD tidak bisa membantu karena tidak memiliki, mengingat selama ini BPBD juga pinjam ke pihak ketiga jika membutuhkan.

Yudik menambahkan, jika pihaknya juga membantu aparat kepolisian melakukan penyekatan di Daerah-daerah perbatasan, baik antar Kabupaten maupun Kecamatan, langkah tersebut untuk menekan kasus PMK di Ponorogo, yang jumlahnya terus bertambah dalam beberapa hari terakhir.