Penerima BPNT Meningkat, Belum Jelas Bentuk Sembako atau Uang

Belum jelas apakah bantuan pangan non tunai (BPNT) akan dikembalikan dalam bentuk bahan pangan atau tetap uang tunai pada penerimaan bulan Juni ini. Dinas Sosial P3A hingga kini masih menunggu petunjuk teknis dari Kementerian Sosial.


Seperti disampaikan Gulang Winarno, Kepala Dinsos P3A pihaknya masih menanti petunjuk yang belum turun menyusul banyak pertanyaan dari keluarga penerima manfaat (KPM). Yang pasti program bantuan sosial itu tetap ada karena masih sangat dibutuhkan.

Bahkan untuk Ponorogo jumlah penerimanya bertambah dari sebelumnya yang hanya 96.813 KPM kini menjadi 97.656 KPM atau ada penambahan sekitar 1.000 orang lebih. Dijelaskan jika pihaknya selalu melakukan verifikasi melalui tim yang ada dibawah, di mana bagi KPM yang sudah berubah status ekonominya, meninggal dunia ataupun pindah keluar daerah, diusulkan untuk dicoret.

Namun begitu jumlahnya tidak terlalu signifikan. Sementara untuk penerima program keluarga harapan (PKH), jumlahnya juga meningkat yakni sekitar 51 ribu lebih. (rl)