HeadlineJelajah

Tari Krido Warok Cilik yang Diikuti Ribuan Anak di Alun-alun Pecahkan Rekor MURI

Tari Krido Warok Cilik yang diikuti 19.271 anak taman kanak-kanak (TK) di Alun-alun Ponorogo Rabu (15/6/22), berhasil pecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI). Pantauan Gema Surya FM, anak-anak tersebut menari dengan pakaian kaos putih lengan panjang dan celana warna hitam layaknya warok Ponorogo. Tali kolor warok juga tersemat melingkar di perut masing-masing anak, lengkap dengan udeng hitam dikepala.

Sementara vidio menari di 21 kecamatan juga disiarkan langsung melalui aplikasi Zoom Meeting yang juga di putar di Alun-alun Ponorogo. Ribuan anak-anak dengan antusias mengikuti irama dan panduan dari masing-masing gurunya.

Sugiri Sancoko Bupati Ponorogo mengatakan, kegiatan ini menjadi upaya untuk menumbuhkan semangat mengenalkan budaya kepada anak-anak sejak usia dini, termasuk menjadikan Kabupaten Ponorogo sebagai kota layak anak.

Sementara itu, tari Krido Warok Cilik dengan peserta Paud dan TK terbanyak telah sah untuk masuk ke dalam Rekor Muri Indonesia. Rekor tersebut masuk kedalam rekor ke-10.368 yang tercatat dalam MURI. Kegiatan tari massal tersebut juga dimaksudkan untuk memperingati Hari Anak Nasional (HAN).

Ide tari ini juga hasil dari komunikasi dari seluruh guru-guru TK dan PAUD seluruh Kabupaten Ponorogo sebagai upaya untuk mengedukasi anak-anak mengenal budaya Ponorogo. (yd/rl)