Jelajah

402 Ekor Sapi di Ponorogo Tertular PMK, 9 Kecamatan Status Zona Merah

Serangan Penyakit Mulut dan Kuku – PMK pada ternak sapi di Ponorogo semakin meluas. Jika sebelumnya hanya 3 kecamatan yang tertular, Jumat 3 Juni 2022, menjadi 9 kecamatan yakni Pudak, Pulung, Balong, Sooko, Kauman, Siman, Slahung Jambon dan Sampung. Dengan jumlah sapi yang terserang juga semakin banyak dari 202 ekor sapi menjadi 402 ekor.

Masun, kepala dinas pertanian ketahanan pangan dan perikanan -Dipertahankan menjelaskan dari jumlah tersebut yang paling banyak ada di kecamatan Pudak yakni 59,9 persen. Hanya saja yang membuatnya lega, meski serangan meluas belum ada laporan sapi yang mati karena virus tersebut.

Bahkan sapi yang pertama kali tertular PMK saat ini kondisinya sudah semakin membaik. Dengan adanya ratusan sapi yang tertular PMK di Ponorogo pihaknya merekomendasikan untuk melakukan penutupan pasar hewan Jetis. Namun pihaknya melihat situasi yang ada terlebih dahulu.

Tapi sapi yang akan masuk ke Ponorogo harus melampirkan surat keterangan sehat hewan. Sementara untuk penanganan PMK, Pemkab Ponorogo sudah mengambilkan dari belanja tak terduga ( BTT). Pasalnya sesuai dengan instruksi gubernur Jatim bahwa saat ini darurat bencana PMK. Sehingga semua pembiayaan untuk pengobatan sapi yang tertular PMK sepenuhnya dari Pemkab.