HeadlineJelajah

PKK Ponorogo Gelar Malam Anugrah Pasar Romadhon , Apresiasi Kerja Tim Tingkat Desa Gerakan Pasar Krempeyeng

Tim penggerak PKK Kabupaten Ponorogo menggelar malam anugerah pasar ramadhan, Jumat Malam 27 Mei di halaman pendopo. Penganugerahan ini juga bentuk apresiasi kepada penggerak PKK ditingkat desa Kabupaten Ponorogo saat menyelenggarakan Pasar Ramadhan 1443/2022 lalu .  Pasar kempreyeng ini salah satu cara  yang dilestarikan  pemerintah kabupaten (pemkab) Ponorogo memutar roda perekonomian .

Susilowati Sugiri Sancoko Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Ponorogo mengatakan,  malam anugerah Pasar Ramadhan adalah cara mengapresiasi untuk tim penggerak PKK di tingkat desa . Pasalnya mereka telah membantu melakukan terobosan  menghidupkan kembali pasar krempyeng pasar ramadhan .  Lanjut Susilowati, tahun depan akan dilanjutkan,  apresiasi seperti ini .  Pihaknya menjelaskan bahwa malam anugerah Pasar Ramadhan ini adalah intinya dan ingin seluruh tim penggerak PKK desa merasa senang, bahagia .

Ada 7 nominasi yang diraih dan puluhan desa yang mendapatkan penghargaan , Hadiah  uang tunai dan voucher belanja . Menurutnya, dengan adanya Anugerah Pasar Ramadhan ini agar Tim penggerak PKK tingkat desa lebih antusias . Karena pihak tim penggerak PKK Kabupaten tidak hanya menuntut tapi memberikan .

Sementara Sugiri Sancoko bupati Ponorogo mengatakan mengapresiasi apa yang dilakukan oleh Tim penggerak PKK Kabupaten Ponorogo .  Pasalnya sewaktu dirinya  kecil dulu, di setiap perempatan , pahing, legi, kliwon selalu ada warung, ada pasar krempyeng .  Seiring berjalannya waktu pasar krempyeng tergerus  peradaban .

Pasalnya ada kendaraan bermotor, jalan diperbaiki, pembangunan juga semakin ada . Pasar krempyeng tidak lagi ada .  Agak menggrembol ke pasar kecamatan atau yang agak besar .  Ibu-ibu yang tidak mampu ke pasar tentu mengganggur .  Masih kata Sugiri,  bahwa  sebelum peradaban, perdagangan hijrah ke digitalisasi .  Maka ide dari PKK diselenggarakan pasar krempyeng guna mewadahi jika sesuatu akan ada limbah peradaban .

Sementara Ada beberapa kategori bagi mereka yang menampilkan yang terbaik . Kategori pertama adalah desa terhits yang didapat oleh Desa Sahang Ngebel Kemudian desa tersehat, terbersih dan hyegenis diraih oleh Kelurahan Tonatan Kota  .  Desa Terantusias didapatkan Desa Blaosan Lor Ngrayun .

Lalu desa Terinovatif didapatkan oleh Desa Plancungan Slahung Desa hebat 2 diperoleh Desa Pudak Kulon Pudak , desa hebat 1 didapatkan Desa Kauman . Terakhir adalah Desa Terhebat diperoleh Kelurahan Banyudono Kota .