HeadlineJelajah

Alami Asem Aseman , Satu Hektar Tanaman Padi Di Galak Slahung Terancam Gagal Panen

Sekitar satu hektar areal tanaman padi didesa Galak Slahung Ponorogo terancam gagal panen . Ini setelah tanaman padi yang berumur satu  bulan tiba tiba layu dan menguning .  Setelah dilakukan pengamatan ternyata tanah diwilayah tersebut  mengalami asem aseman .

Marikan, kasi pemerintahan desa Galak mengatakan asem aseman terjadi   tingkat keasaman atau PH tanahnya kurang dari 5 . Ini bisa dilihat dari tanah  yang tampak kering , daun padi menguning kemerahan diawali dari ujung menjalar ke pangkal daun, tak lama kemudian mengering dan pertumbuhan macet .  Ketika tanaman dicabut akarnya tampak berwarna cokelat seperti warna besi berkarat,mudah mengelupas dan sebagian membusuk . J

ika terlambat ditangani dengan baik, pertumbuhan padi nantinya akan terhenti, anakan tidak terbentuk dan bisa berujung pada kegagalan panen . Pihaknya sudah melaporkan masalah tersebut  ke petugas POPT untuk segara ada penanganan. Harapannya tanaman padi masih bisa diselamatkan .  Kalau tidak , petani terancam kerugian sekitar 600 ribu rupiah per kotaknya .