Lebaran, Pengrajin Topeng Ganongan Kewalahan Layani Banyaknya Permintaan

Lebaran tahun ini tidak hanya membawa berkah bagi usaha kuliner khas Ponorogo tapi juga pernak pernik Reog, salah satunya adalah topeng ganongan, yang banyak diburu pemudik untuk oleh-oleh. Sarimo salah satu pengusaha topeng bujang ganong di Desa Nambangrejo Kecamatan Sukorejo menceritakan jika omsetnya naik 100 persen, bahkan saking banyaknya permintaan pihaknya kewalahan melayani. 


Untuk lebaran ini saja, ada 1400 topeng yang ia buat, dimana dari jumlah itu 600 diantaranya masih dikerjakan, terlambatnya pasokan bahan baku berupa rambut sintetis menjadi salah satu penyebab pengerjaan tersendat belum lagi karyawan banyak yang libur lebaran. Dirinya mempekerjakan 9 orang karyawan, 4 orang stay di tempat usahanya dan sisanya bisa dikerjakan dirumah dengan sistem borongan. 

Dijelaskan jika topeng borongan diburu pemudik untuk dijadikan oleh-oleh karena harganya terjangkau, meski begitu walaupun permintaan naik, dirinya tidak menaikan harga, tetap antara Rp30.000 hingga Rp200.000 per buah, sedangkan jika dibanding lebaran tahun lalu, omset usaha topeng ganongannya lebih bagus dengan kenaikan 30 hingga 40 persen.