Kuota Haji Ponorogo Turun, Banyak Pasangan Suami Istri Yang Gagal Berangkat Bersama Karena Usia

Kuota haji untuk  Ponorogo  tahun ini   sudah turun . Ada 194 calon jamaah haji yang akan diberangkatkan dan 90 calon jamaah cadangan .  Hanya saja karena ada aturan baru haji , yang bisa diberangkatkan  usianya dibawah 65 tahun , banyak pasangan suami istri yang akhirnya tak bisa berangkat bersama tahun ini .


Tohari kasi gara haji dan umroh kantor Kementrian Agama Ponorogo menjelaskan aturan tersebut dari pemerintah Saudi Arabia sehingga pemerintah Indonesia tak bisa berbuat banyak .  Hanya saja aturan tersebut  diharapkan hanya berlaku tahun ini .  Akibatnya ada beberapa calon jamaah yang akhirnya tunda keberangkatan menunggu bisa berangkat bersama sama dengan mahramnya .  Ditambahkan , jika dari 194 kuota calon jamaah haji tahun ini , bisa saja jumlahnya berkurang selain ada yang tunda berangkat , ada juga yang meninggal dunia .

Namun untuk jumlah validnya masih menunggu pelunasan  Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) yang mulai dibuka tanggal 9 hingga 20 Mei nanti .  Adapun BPIH untuk Ponorogo sekitar 42 juta 586 ribu rupiah , sesuai jadwal ,jika tak ada halangan tanggal 3 juni sudah ada pemberangkatan untuk kloter pertama .