Jelajah

Peduli Kaum Disabilitas, Puluhan Ibu-ibu Salurkan Bantuan Paket Sembako

Puluhan ibu-ibu dari Surabaya, memberikan peduli terhadap kampung idiot desa Karang Patihan Balong dengan memberikan paket bantuan sembako menjelang berbuka puasa Ahad 17 April 2022. 

Manda Rifianto, salah satu koordinator aksi mengatakan, pihaknya sengaja datang jauh-jauh dari Surabaya, di bulan ramadhan untuk berbagi dengan sesama khususnya warga yang berkebutuhan khusus atau disabilitas.

Komunitasnya membagikan tak kurang dari 50 paket sembako dan sejumlah uang. Nantinya kegiatan tersebut tidak hanya dilakukan di Karangpatihan saja tapi juga di lokasi lain. 

Menurutnya, pihaknya sangat kagum dengan desa Karangpatihan, sebab meski penyandang disabilitas namun tetap bisa produktif. Salah satunya dengan membuat batik ciprat.

Sementara itu Eko Mulyadi, kepala desa Karang patihan Balong mengatakan pihaknya senang dan bersyukur ada yang peduli dengan warga di desanya, dengan menyalurkan bantuan. Terkait dengan produktivitas kalangan penyandang disabilitas, memang selama ini pihaknya intens memberikan pendampingan. 

Bahkan selain pemberdayaan batik ciprat yang sudah mulai dikenal, warga disabilitas juga diajari membuat keset, kerajinan, diberi hewan ternak baik kambing maupun ayam. Sementara yang berkategori berat langsung memperoleh bantuan paket sembako dari Pemdes.