Ponorogo Masuk Dalam Ekosistem Kabupaten/ Kota Kreatif Indonesia

Kabupaten Ponorogo secara resmi masuk dalam ekosistem kabupaten/ kota kreatif Indonesia yang dirancang Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI . Masuknya kota Reog sebagai kabupaten kreatif setelah menandatangani berita acara hasil uji petik Program Penilaian Mandiri Kabupaten/ Kota Kreatif Indonesia (PMK3I) .


LisdyaritaWakil Bupati mengaku sangat senang Kabupaten Ponorogo masuk dalam jejaring kabupaten/kota kreatif di Indonesia , sehingga, daya tarik Kabupaten Ponorogo dimata wisatawan dan investor tentu akan semakin besar .  Menurutnya Ini sebagai modal yang baik untuk terus berkembang .

Lebih lanjut kata bunda rita sapaannya kreativitas dan pemanfaatan platform digital harus dimanfaatkan untuk pengembangan di era saat ini .  Petunjuk dan catatan dari tim PMK3I dari Kemenparekraf harus ditindaklanjuti .  Sehingga nantinya, demi menjaga ekosistem yang baik ini, pihaknya akan sering menggelar event .

Lisdyarita mengungkapkan, event yang berskala lokal hingga nasional .  Selain subsektor pertunjukan, tentu juga akan melibatkan subsektor kuliner dan kriya di Ponorogo .  Masuknya Kabupaten Ponorogo menjadi kabupaten /kota kreatif di Indonesia, kata Lisdyarita membuat kota reog ini juga berpeluang menjadi kota kreatif dunia .

Sebab, Kabupaten Ponorogo bisa berpotensi didaftarkan di UNESCO Creative Cities Network (UCCN) yang berupa jaringan kota kreatif dunia . Lisdyarita mengungkapkan ini menjadi penyemangat pemkab yang tengah berjuang dalam memperjuangkan Reog menjadi Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) UNESCO .