Jadi Favorit Minuman Ramadhan, Penjualan Blewah Meningkat

Buah Garbisa atau yang lebih dikenal dengan nama blewah, familiar dijadikan sebagai minuman segar pelepas dahaga, terlebih setelah menjalani ibadah puasa seharian. Karena itu permintaan blewah mengalami peningkatan tajam saat ramadhan tiba.  Seperti yang dialami Munif, pedagang Sumoroto, hanya dalam hitungan jam 100 kg blewah ludes terjual. Ia baru Ahad (3/4) menjual blewah, namun permintaan konsumen lumayan bagus.


Lanjutnya, dari 150 kg bleweh hanya hitungan jam sudah lebih dari 100 kg ludes terjual. Dia menjual bleweh hanya saat bulan Ramadan saja. Kata Munif produksi blewah paling banyak di wilayah Nganjuk dan Jombang, sedangkan Ponorogo cukup minim untuk produksi blewah. Per kilogram, Ia menjual Rp 8 ribu per kilogram.

Selain menjadi pelepas dahaga, blewah juga kaya manfaat bagi kesehatan tubuh. Seperti dikutip dari Hallo Sehat, dalam buah blewah terdapat sumber serat, magnesium, Karbohidrat, Protein, sumber vitamin A, vitamin B, vitamin C, dan berbagai kandungan nutrisi lainnya

Sementara manfaat blewah bagi kesehayan tubuh karena kandungan nutrisi di dalamnya sangat baik untuk melancarkan pencernaan dan kesehatan kulit. Selain itu juga terdapat kalori yang baik untuk asupan yang menjalani diet.