HeadlineJelajah

Panen Raya, Harga Empon-Empon Anjlok

Panen raya, harga Jahe Gajah anjlok di harga 3000/kg. Kondisi ini membuat pengepul memilih menjual ecer di pasar lokal Ponorogo. Meski dengan resiko barang lambat terserap di pasaran. Hal ini disampaikan Wendi Pengepul empon-empon dari Tegalombo Kauman. Selain jual ecer, dirinya juga meminta para mitra petani di Ponorogo tidak memanen dulu, sambil menunggu harga lebih baik.

Waktu panen raya empon-empon memang sulit diprediksi, tambah Wendi. Kondisi sekarang ini hampir seluruh daerah di Indonesia panen jahe gajah. Sedangkan keperluan jahe gajah paling banyak di kirim ke pabrik untuk pembuatan bumbu dapur siap saji. Jika seluruh daerah panen,stok berlimpah dan harga juga otomatis anjlok. Diakui peluang jahe gajah sebenarnya masih bagus dengan catatan pemerintah tidak membuka keran impor dan petani menanamnya tidak barengan seperti tahun ini.

Disisi lain, kunyit harganya terpantau lebih baik namun beberapa waktu kedepan juga akan panen raya. Sehingga harus bersiap juga mengalami harga anjlok. Sementara itu, kunyit hitam kini menjadi trend harga yang dibandrol 800.000/kg.