HeadlineJelajah

Pemerintah Syaratkan Vaksin Booster Untuk Pemudik, Dinkes Siap Layani Vaksanisasi Booster

Pemerintah pusat mengijinkan mudik hanya syaratnya harus sudah melakukan vaksinasi booster untuk calon pemudik .  Pemkab Ponorogo pun sudah mulai bersiap menyambut aturan tersebut .  Dyah Ayu Puspitaningarti Kapala dinas Kesehatan Ponorogo mengatakan, untuk kota reyog vaksinasi rutin sudah ada yang lokasi tetap yakni dinas kesehatan dan puskesmas .

Pihaknya tetap melayani kebutuhan masyarakat terutama soal vaksinasi . Baik dosis pertama, dosis kedua, maupun dosis ketiga . Puskesmas pun juga melayani vaksinasi tapi terjadwal tertentu .  Apalagi tradisi mudik, lanjut Ayu, persyaratan terbaru dari Pemerintah pusat harus sudah melaksanakan vaksinasi booster . Pihaknya pun mendekati Ramadan tetap menjalankan vaksinasi ,  sehingga sebelum mendekati Ramadan kita sudah ada gerakan masif .

Sementara, saat ini untuk penerima vaksin booster di Ponorogo masih sekitar 7 persen. Sebab, terkendala jangka waktu dari vaksin kedua yakni 3 hingga 6 bulan . Jenis vaksin, kata Ayu, yang saat ini tersedia jenis Astrazeneca dan Sinovac. Sedangkan jenis Moderna belum ada .