Jelajah

Desa Paringan Bebas Pencemaran Limbah Rumah Tangga, dengan Sanimas Paringan Sehat

Desa Paringan tak lama lagi akan bebas dari pencemaran limbah rumah tangga. Ini setelah desa yang dipimpin Wendi tersebut, telah memiliki instalasi pengolahan air limbah – IPAL melalui sanitasi berbasis masyarakat – Sanimas Paringan sehat.

Kepada gema surya, Kades Wendi mengatakan jika pihaknya bekerja sama dengan dinas PUPR. Untuk tahap pertama masih ada sekitar 100 rumah di dukuh Krajan, yang limbah rumah tangganya disalurkan di Sanimas Paringan sehat.

Limbah tersebut berupa bekas deterjen cucian hingga dari toilet warga. Mereka dilarang membuangnya di selokan tapi langsung dialirkan ke IPAL Sanimas Paringan.

Dengan begitu, tidak ada lagi pencemaran air tanah, dimana sumur-sumur warga bersih dan sehat jika akan dikonsumsi. Sementara air dari Instalasi pengolahan limbah tersebut bisa dimanfaatkan untuk pupuk setelah melalui beberapa filter.

Harapannya program Sanimas akan terus berkelanjutan sehingga limbah rumah tangga tidak lagi dialirkan ke dalam sungai ataupun selokan tanpa ada pengolahan. Untuk keindahan, bangunan IPAL Sanimas Paringan, dibangun seindah mungkin dan cocok digunakan untuk rest area.