Padi di 11 Kecamatan Terserang Wereng, Dinas Pertanian Ponorogo Klaim 85% Berhasil Dikendalikan

Serangan hama wereng di Ponorogo pada Februari 2022 terpantau menyebar di 11 Kecamatan, dengan luas serangan 48 hektar, dengan serangan terparah menyebar di Ponorogo bagian selatan. Meski begitu Suwarni Koordinator POPT dinas pertanian ketahanan pangan dan perikanan (Dipertahankan)  menjelaskan, dari total luas serangan, 41 Hektar atau sekitar 85 persennya berhasil dikendalikan.


Berdasarkan pemantauan di lapangan, Hama padi berwarna coklat itu sebenarnya menyerang tanaman sejak usia muda, namun terkadang petani tidak teliti dalam mengamati sehingga tahu-tahu serangan sudah parah, Oleh karena itu pihaknya tidak waleh-waleh untuk mengingatkan petani agar lebih teliti mengamati kondisi tanaman sejak awal.

Secara umum tambah Warni, tingkat serangan masih di level ringan, sedangkan yang terpantau parah atau berat hanya 1.3 hektar dari total luas serangan. Sekedar informasi, Sebelumnya sebagian petani di Ngrandu Kauman terpaksa panen dini lantaran serangan wereng, hal tersebut terpaksa dilakukan, agar tidak terjadi gagal panen.