Badan Pengawas Pemilu Ponorogo Ajukan Anggaran 19,5 Miliar Untuk Pilkada 2024

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Ponorogo mengajukan anggaran untuk pengawasan Pilkada serentak 2024 sebesar Rp 19,5 miliar, angka tersebut naik dibanding anggaran pilkada sebelumnya yakni 13,7 miliar rupiah. Moh Syaifullah Ketua Bawaslu Ponorogo mengatakan, kenaikan ini karena jumlah TPS yang diusulkan KPUD juga naik, jika pilkada 2020 2080 TPS, rencananya untuk 2024 diusulkan dari KPU menjadi 2150 TPS.


Lanjut Syaifullah jika jumlah Pengawas TPS bertambah sekaligus honor juga bertambah, penyesuaian honor badan adhoc Panwascam baik ketua dan anggota pengawas Desa sesuai dengan permendagri 51 tahun 2020. Syaifullah menyebut terkait standarisasi kebutuhan penyelenggaraan pengawasan pilkada 2024 sekaligus ada tambahan honor pokja, yaitu pokja perekrutan badan adhoc, baik oleh Bawaslu maupun Panwascam. 

Pola dana sharing tersebut dimungkinkan karena Pilkada Jatim di 2024 berbarengan dengan Pilkada di tingkat kabupaten/kota, misalnya honor petugas adhoc akan diusulkan dan sudah ditandatangani dicukupi APBD Provinsi, sementara APBD Kabupatèn biaya operasional Pengadaan barang dan jasa.