HeadlineJelajah

Pemkab Akan Bangun 4 Embung Untuk Atasi Banjir

Sugiri Sancoko Bupati Ponorogo akan membangun empat embung untuk mengatasi banjir .  Untuk tahap awal , dibangun dua embung masing-masing di Kecamatan Jenangan dan Siman dimana tahun ini sudah dimulai .  Sementara untuk Dua embung yang rencananya di Kecamatan Kota dibangun tahun depan .

Sugiri mengaku anggaran cupet yang harus dibagi-bagi untuk kebutuhan lain .  Tahun ini anggaran hanya cukup untuk pengerukan sekitar ratusan juta .  Ditanya titik persis lokasi embung tersebut, Sugiri menyatakan masih dalam pencarian .  Pihaknya ingin lokasi merupakan kawasan cerukan terendah yang sanggup menampung ribuan meter kubik air .

Orang nomor satu tersebut  mengklaim embung itu dapat mengatasi persoalan air bah .  Selain itu, dapat berfungsi sebagai tabungan air . Ketika kemarau, embung dapat mengaliri area persawahan bahkan nanti juga dapat dikembangkan untuk perikanan dan pariwisata . Selain itu Sugiri mengaku telah menyiapkan langkah preventif guna menumbuhkan kesadaran warga . Tiap rukun tetangga (RT) digelontor anggaran Rp 1 juta . Anggaran itu untuk alokasi membangun sumur resapan .

Bupati Sugiri Sancoko merasa perlu duduk bersama kepala daerah di sekitar daerahnya untuk mengatasi banjir .  Sugiri menilai banjir di Ponorogo tidak dapat dipisahkan dengan kabupaten di sekitarnya . Pasalnya hujan deras yang mengguyur wilayah hulu airnya mengalir ke wilayah ponorogo .