Menteri BUMN Mendukung Masuknya Reog Dalam List Warisan Budaya Tak Benda Unesco

Erick Thohir Menteri BUMN mendukung masuknya Reog dalam list warisan budaya tak benda di Unesco, bersama dengan delapan kebudayaan dan makanan lain Indonesia. 


Hal itu disampaikan Erick Thohir menteri BUMN ketika menyaksikan pagelaran reog di lapangan Bantarangin Somoroto, Sabtu 5 Februari 2022. Menurutnya pihaknya bersama bupati Sugiri Sancoko akan memperjuangkan reog masuk ke Unesco. Pasalnya banyak juga kebudayaan bangsa Indonesia untuk dipatenkan.

Masih kata Erick dengan dipatenkannya bisa menghargai dan melestarikan kebudayaan warisan leluhur yang harus diturunkan kepada anak cucu. Sementara dalam momen tersebut, Erick Thohir sempat diberi kesempatan naik diatas reog. Awalnya, Menteri BUMN sempat ragu.

Namun karena diyakinkan oleh Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko bahwa naik reog aman dan sudah menjadi tradisi. Maka akhirnya, Erick pun berani naik dan duduk di atas kepala Reog.

Erick mengaku baru pertama kali menaiki reog. Baginya, selain pengalaman menyenangkan sekaligus pengalaman yang menegangkan.