HeadlineJelajah

Sayid Abas Menilai , Kebijakan Satu Harga Migor Pemerintah , Bikin Kekacauan

Pasca penerapan kebijakan satu harga minyak goreng oleh pemerintah 14 ribu rupiah per liter  , justru menimbulkan kekacauan di masyarakat .  Penilaian tersebut  disampaikan , Sayid Abas , pengamat ekonomi lokal Ponorogo melihat adanya kegaduhan bukan saja di kalangan pedagang namun juga pembeli . Konsumen menjadi panic buying yang berujung aksi borong dengan melibatkan seluruh anggota keluarga untuk berburu migor dengan harga murah  karena adanya pembatasan pembelian .

Sementara pedagang sendiri terpecah belah karena tidak adanya petunjuk teknis yang jelas . Menurut sekjen asosiasi retail ini, masih banyak pedagang yang bingung terkait kabar subsidi maupun kompensasi selisih harga jika menjual migor sesuai ketentuan pemrintah .

Pedagang sendiri dihadapkan situasi dilematis, dimana jika harga diturunkan akan rugi tapi jika tidak menyesuaikan dengan ketetapan pemerintah , akan sepi pembeli .  Dalam sistem ekonomi campur tangan pemerintah sebenarnya tidak jadi soal asalkan sejak awal dan melibatkan semua pihak baik produsen dan pedagang .