Jelajah

Hanya Bukit Soeharto, yang Diijinkan Buka Oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Pemkab Ponorogo memastikan hanya tempat wisata Bukit Soeharto yang secara resmi dibuka untuk wisatawan. Informasi yang didapat gema surya dari Bambang Wibisono, Plt kepala dinas kebudayaan, pariwisata, pemuda dan olah raga, destinasi yang berada di Biting Badegan itu, satu-satunya tempat yang telah mendapatkan ijin dari kementerian pariwisata dan ekonomi kreatif, sedangkan 6 destinasi lain yang diajukan, belum disetujui termasuk telaga Ngebel. Itupun pembukaannya masih bersifat uji coba belum normal seperti sebelum pandemi.

Lebih lanjut dikatakan, untuk bisa dilakukan  uji coba harus memenuhi Kebersihan, Kesehatan, Keselamatan, dan Kelestarian Lingkunga. Tampaknya wisata Bukit Soeharto dinilai mampu memenuhi persyaratan tersebut disinggung, telaga Ngebel sudah ramai pengunjung meski belum dibuka, pihaknya tidak bisa berbuat banyak.

Pasalnya banyak aktivitas masyarakat yang ada di kawasan tsb dari perhotelan, pasar, pedagang. Pihaknya sekedar memperketat penjagaan dan pengawasan, yang terpenting kegiatan masyarakat itu,  tidak menimbulkan  kerumunan dan taat akan Prokes. Apalagi pasca jebolnya kanal yang menyebabkan semburan air beberapa waktu lalu, kini tengah dilakukan perbaikan oleh Perum Jasa Tirta, sehingga akses menuju jalan itu sementara ditutup total.