HeadlineJelajah

Sugiri Sancoko Janjikan Tahun Depan Dana Setiap RT 10 Juta Per Tahun

Pemerintah Bupati dan wakil Bupati Sugiri sancoko – Lisdyarita menjamin setiap rukun tetangga (RT) mendapat jatah dana Rp 10 juta per tahun .  Tahun ini cair seperempat, tahun depan diterimakan utuh .  Seperti yang dikatakan Sugiri Sancoko Bupati Ponorogo, mengungkap alasan dana RT tahun ini hanya cair sebesar Rp 2,5 juta .  Pasalnya pihaknya harus memprioritaskan pembiayaan mendesak lainnya .

Sugiri mengatakan, anggaran yang hanya turun seperempat itu untuk operasional di tiga bulan terakhir Mulai Oktober hingga Desember masuk ke rekening desa . Sugiri mengungkapkan pemanfaatan dana RT bergantung kebutuhan dan arahan kepala desa .  Pihaknya berharap kebiasaan bermusyawarah dan pendataan berawal dari setiap RT hingga angkanya valid .  Misalnya pendataan jumlah anak sekolah, janda, keluarga miskin, dan luas lahan pertanian.  Problem kemasyarakatan juga bakal terdata dari lingkungan terkecil itu, sehingga kata Kang Giri, data dari bawah itu bakal dikirim ke meja bupati untuk bahan pertimbangan mengambil keputusan .

Di dalam perbup nantinya bakal ada jadwal rapat RT yang secara berkala memperbarui data warga . Sugiri sengaja membuat program itu agar warganya terbiasa berkumpul dan berdiskusi . Tujuan Nanti siapa yang berhak dapat bantuan akan tepat sasaran karena berbasis musyawarah .

Namun, Sugiri paham. kondisi finansial daerah kurang menguntungkan dibandingkan tahun lalu .  Pasalnya , ada pengurangan dana alokasi umum (DAU) bersamaan refocusing untuk penanganan Covid-19 . Alokasi perlu diatur secara tepat agar semua kebutuhan terpenuhi .  Termasuk dengan mengimbangi kualitas kinerja dengan pemberdayaan dan berbasis gotong royong .  Nantinya Bakal terbit peraturan bupati yang menata pencairan dan pemanfaatan dana RT pada 2022 mendatang .