HeadlineJelajah

Karung Goni Dan Ilalang Kering, Ditangan Pemuda Badegan Disulap Jadi Berbagai Kerajinan Cantik

Menjadi korban PHK saat pandemi tidak membuat Kompas Aryuandika , warga jalan Abiyoso Badegan ,  patah arang .  Lelaki 36 tahun tersebut  berusaha untuk mencari uang dengan melihat peluang , salah satunya  menyulap karung Goni bekas untuk dijadikan kerajinan tangan .  Hasilnya luar biasa, sejak 2 bulan terakhir, permintaan terus naik .

Kepada gema surya , bapak 2 anak  itu mengatakan memulai usahanya  pada Agustus September lalu . Saat itu sempat bingung mau bekerja apa , tapi ide kreatifnya muncul ketika melihat banyak sampah berserakan salah satunya karung goni bekas .  Kebetulan dirinya memiliki pengalaman membuat kerajinan tangan saat bekerja di Surabaya dan juga pernah belajar dengan para pekerja seni di Yogyakarta .

Adapun kerajinan tangan yang diciptakan adalah vas bunga dan tempat tisu  untuk bunga nya sendiri, memanfaatkan ilalang yang ada di hutan lalu dikeringkan .  Dijelaskan, sejak 2 bulan terakhir omzetnya naik 60 prosen ,sehingga dirinya dibantu 5 pemuda desa dilingkungannya .  Pemasaran selalu melalui media sosial juga dari mulut ke mulut .

Menariknya banyak permintaan yang datang dari luar daerah seperti magetan , Solo hingga Jakarta .  Bahkan terakhir juga ada permintaan untuk dikirim ke Hongkong .  Untuk harga sendiri bervariasi , dari yang paling murah 20 ribu rupiah hingga paling mahal diatas 200 ribu rupiah, tergantung bahan, ukuran dan motif.