HeadlineJelajah

Pencairan Dana Pinjaman Dari PT SMI Untuk Ponorogo, Terganjal Persetujuan Kemenkue

Pemkab ponorogo harus lebih sabar lagi menunggu pencairan dana pinjaman  program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), dari PT sarana Multi infrastruktur  -SMI .  Pasalnya dana pinjaman 155 milyar tersebut , hingga saat ini belum cair , padahal tahun anggaran 2021 menyisakan 2 bulan saja .  Sementara pemkab sangat membutuhkan dana tersebut  untuk perbaikan jalan jalan yang rusak .

Sekda agus pramono kepada gema surya mengakui jika belum cairnya dana pinjaman karena masih menunggu persetujuan dari kementrian keuangan . Pihaknya  mengajukannya , sejak bulan september dengan  Target  awal pencairan sebesar  30 persen atau Rp 50 miliar , pada tahun 2021 .  Sejumlah dokumen pendukung termasuk dokumen perbaikan Kerangka Anggaran Kerja (KAK) yang mencantumkan 50 titik ruas jalan yang akan diperbaiki, juga telah dikirim ke PT SMI .

Sementara Agus Sugiharto Plt Kepala Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) Ponorogo mengaku belum bisa memastikan kapan tepatnya PEN tahap awal ini bisa cair .  Meskipun tahun 2021 tinggal menyisakan 2 bulan .

Hanya saja , pihaknya optimis , dana pinjaman tersebut akan cair , sebab  saat ini dokumen KAK yang diajukan Pemkab ke PT SMI, tengah diverifikasi Direktorat Jendral Perimbangan Keuangan (DJPK) Kemenkeu .  Bahkan , untuk mendorong percepatan turunya persetujuan dari Kemenkeu, pihaknya telah berulang kali melakukan vidcon untuk pelaksanaan teknis dari pencairan pinjaman PEN .