Terdampak Erosi Sungai, 5 Rumah Warga Morosari Sukorejo Terancam Lenyap

Jelang musing hujan ,sejumlah warga disekitar aliran sungai desa morosari sukorejo , mulai dilanda perasaan was was . Selain takut banjir, telah  terjadi erosi atau  pengikisan material permukaan tanah secara bertahap . Jika dibiarkan terus menerus , bukan tidak mungkin, jika rumah mereka lenyap .


Suhartono, salah satu warga mengatakan, jika ada 5 rumah yang telah terdampak adanya pengikisan sungai .  Jarak rumah dengan aliran air ,hanya sekitar 1 meter .  Sementara masjid berjarak kurang dari 50 meter dari bibir sungai. Tak heran jika warga yang terdampak tersebut , tak bisa hidup tenang jika hujan deras mengguyur wilayah Ponorogo.

Mereka sudah mengantisipasi dengan membongkar rumah bagian belakang yang lokasinya sangat dekat dengan sungai agar jika banjir datang tetap aman.  Lebih lanjut dikatakan, jika tetangganya tersebut  tetap bertahan dirumah tersebut karena tak memiliki tempat tinggal lainnya .

Pemerintah desa sendiri sebenarnya sudah turun tangan dengan melakukan penghijauan bersama warga sekitar dipinggir aliran sungai , ditanami tanaman bambu . Hanya saja dari sekian yang ditanam, hanya satu pohon yang masih hidup , sementara sisanya mati.  Warga juga sudah melaporkan ke BPWS Solo namun belum ada tindak lanjut hingga sekarang ,padahal kasus tersebut  sudah bertahun tahun terjadi .