Pendaftaran BPUM Gelombang 4 Bulan September, Dibanjiri Pemohon

Semakin banyak pengusaha mikro kecil dan menengah UMKM di Ponorogo yang mengajukan Bantuan Produktif Usaha Mikro atau BPUM. Pasca dibuka pendaftaran untuk gelombang ke empat bulan September ini, sudah ada 15.800 UMKM yang mendaftar.


Jumlah itu kata Yoyok Tulus Subagyo, Kasi Fasilitasi Pembiayaan Koperasi dan Usaha Mikro Dinas Perdakum, jauh lebih besar dibanding pendaftaran tahap sebelumnya pada periode Juni – Agustus. Untuk Juni, hanya 5.000 UMKM yang daftar, kemudian angkanya meningkat pada bulan Agustus sekitar 11.000 pendaftar, dan melonjak hingga 16.000 pendaftar pada bulan September.

Meningkatnya antusiasme pendaftar BPUM, karena dari total pengajuan setiap tahapan, hampir seluruhnya bisa dicairkan. Seperti Agustus lalu dari 36.000 yang diajukan, 25.000 UMKM yang bisa mencairkan BPUM.

Karenanya mereka yang awalnya malas mengurus, kini berbondong-bondong mengajukan. Selama tidak memiliki pinjaman KUR, belum pernah mendapatkan BPUM, dan memiliki usaha, rata-rata akan disetujui oleh pemerintah pusat sebagai penerima BPUM. (rl/ab)