Ribuan Ikan di Sungai Barat Jabung, Mati Mengapung

Banyaknya ikan mati mengapung dan membusuk di sungai barat perempatan Jabung menarik perhatian warga yang melintas. Bagaimana tidak, sejak Senin sore (13/9) terlihat ribuan ikan mati. Namun penyebab matinya ikan-ikan itu masih belum diketahui.


Eko Handoyo, pegiat Komunitas Mancing Mania membenarkan kejadian itu.  imana, menurut Eko, di media sosial telah ramai warganet yang membagikan kondisi ikan mati di sungai tersebut. Kemungkinan besar, masih kata Eko, diprediksi jika ikan mati di kali perempatan Jabung itu lantaran telah diputas/diracun oleh oknum yang tidak bertanggungjawab.

Dirinya belum bisa memastikan penyebab pastinya. Selain diracun, kemungkinan lain, matinya ikan-ikan tersebut karena hujan pertama di peralihan musim kali ini. Biasanya, hujan pertama di pergantian musim membawa banyak tanah yang mengalir ke sungai, sehingga, dapat menjadikan ikan-ikan mabuk tak sadarkan diri.

Atas kejadian itu, jika memang benar diputas, teman-teman mancing mania merasa prihatin. Pasalnya, di saat banyak pihak melakukan tabur benih, justru ada oknum yang malah merusaknya.