HeadlineJelajah

Vaksin Moderna Akhirnya Sasar Masyarakat Umum

Dinas Kesehatan Ponorogo akhirnya memberikan vaksin Moderna untuk masyarakat umum, selain untuk dosis ketiga atau booster bagi tenaga kesehatan. Untuk masyarakat umum, vaksin Moderna hanya diberikan kepada peserta yang belum pernah mendapatkan vaksinasi Covid-19.

Sekitar 2600 peserta yang terdiri dari masyarakat umum dan mahasiswa, mulai 1 September 2021, disasar vaksin dari Amerika Serikat ini, dengan lokasi di Gedung Sasana Praja.

drg. Heny Lestari Kabid Pencegahan Penyakit Dinas Kesehatan mengakui, jika berdasarkan ketetapan Kemenkes, vaksin Moderna bisa digunakan untuk masyarakat umum. Karenanya ketika dibuka link pendaftaran secara online langsung diserbu pendaftar.

Lebih lanjut dijelaskan, untuk yang telah disuntik vaksin Moderna agar tidak melakukan aktivitas berat, meski sejauh ini belum ada laporan KIPI setelah vaksinasi. Sama dengan merek vaksin lainnya, masih ada dosis kedua setelah pemberian dosis pertama dan stoknya aman.

Sementara itu Sulistiawati mahasiswi 20 tahun asal magetan yang turut dalam vaksinasi mengatakan, dirinya mengetahui vaksinasi Moderna dari pihak kampus. Link pendaftarannya dishare oleh pihak kampus. Lanjut mahasiswi semester 5 Universitas Muhammadiyah inI mengatakan, dirinya baru pertama daftar vaksin dan merasa takut disuntik. Dirinya tidak pilih-pilih jenis merk vaksin.

Masih kata Sulis, setelah divaksinasi Moderna oleh petugas tenaga kesehatan, saran dari petugas tenaga kesehatan jika merasa suhunya tinggi diminta mengompres dan minum obat penurun panas. Sementara untuk dosis kedua akan dilakukan 29 September 2021. (yd/rl/ab)