100 Orang Difabel Krebet Jambon Disasar Vaksinasi Covid-19

Vaksinasi Covid-19 akhirnya berhasil menyasar masyarakat difabel dan tuna grahita. Kamis (5/8/21), bertempat di Rumah Kasih Sayang Desa Krebet, Jambon, Ponorogo, sekitar 100 difabel dilakukan vaksinasi.


Alwi Kepala Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur yang datang langsung ke lokasi tersebut mengatakan warga difabel memang menjadi salah satu prioritas pemerintah untuk segera mendapatkan vaksin. Kabupaten Ponorogo ini termasuk awal yang menyelenggarakan vaksinasi difabel, setelah Malang dan Surabaya.

Alwi menyebut, sasaran vaksinasi warga difabel kali ini adalah sebanyak 100 orang. Pihaknya pun bersyukur vaksinasi Covid-19 untuk warga tuna grahita di Ponorogo berjalan lancar lantaran difasilitasi komunitas kaum difabel. Selain itu, mereka juga nampak antusias dan tidak ada yang takut untuk mengikuti vaksinasi.

Warga tuna grahita, lanjut Alwi, termasuk kalangan rentan karena keterbatasannya untuk melakukan aktivitas seorang diri. Sehingga harus ada orang lain yang membantu mereka.

Dari pantauan jurnalis radio Gema Surya, masyarakat difabel dipandu masing-masing pendampingnya untuk menjalani setiap tahapan vaksin. Mulai dari antre, mengisi formulir vaksin Covid-19, tes suhu tubuh dan tekanan darah, skrining oleh vaksinator, hingga penyuntikan vaksin. (rl)