Marak Penipuan Penjualan Tabung Oksigen Medis Via Online ,Warga Diminta Hati Hati

Warga Ponorogo diminta hati hati bila ingin membeli tabung gas oksigen secara online. Meski dimedia sosial berseliweran  penjual  yang menawarkan tabung  oksigen , namun banyak juga yang menipu . Hal tersebut  disampaikan Lutfi,  salah satu pengusaha alat kesehatan bidang gas medis dan industri  Reog gasindo, menyusul sudah ada beberapa korban yang melapor. Mereka sudah terlanjur transfer uang namun barang yang diinginkan tidak dikirim. Para korban percaya ,karena sangat membutuhkan apalagi jika dirumah ada yang positif covid 19  sementara mencari kemana kemana langka.


Untuk itu , jika memang terpaksa membeli lewat online , semestinya memakai sistem COD. Lebih lanjut dikatakan, selain penipuan via online yang patut diwaspadai adalah tabung  oksigen dari kompresor angin yang sedianya untuk Ban kendaraan. Padahal kemurniaan oksigennya hanya 22 prosen sehingga justru membahayakan jika untuk pasien. Namun ada cara mudah  untuk mengetahui apakah oksigen tsb murni atau palsu  dengan teknik  menyulutkan api. Jika murni oksigen medis maka akan terbakar,  namun jika dari kompresor ,maka tidak terbakar.

Hanya saja sejauh ini, untuk Ponorogo ,belum ada ltemuan terkait oksigen palsu. Sebenarnya untuk permintaan isi ulang oksigen ke reog gasiondo sendiri  , sudah turun 30 prosen . Dulunya setiap hari melayani diatas 100 permintaan, kini sekitae 50 hingga 70 an saja .