Jumlah Vaksin Terbatas, Program Vaksinasi Untuk Anak-anak Belum Bisa Terealisasi

Program vaksinasi covid 19 untuk anak diatas 12 tahun, belum bisa dilaksanakan dalam waktu dekat ini. Ini setelah ketersediaan vaksin, terbatas, sehingga masih diprioritaskan bagi warga diatas usia 18 tahun. Hal tersebut disampaikan drg. Heni Lestari, Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Dinkes Ponorogo, dimana warga diatas 18 tahun lebih utama mengingat mobilitasnya lebih tinggi.


Apalagi di tahap PPKM darurat ini,  kartu vaksin menjadi salah satu persyaratan melakukan perjalanan sehingga pihaknya langsung diserbu akan banyaknya permintaan. Apalagi banyak pekerja seperti sopir antar kota antar propinsi, angkutan dan masih banyak lagi yang sangat membutuhkan. Belum lagi, warga luar daerah seperti wali santri yang terjebak di Ponorogo. Merekatidak bisa pulang karena datang di Ponorogo sebelum PPKM darurat. Setelah akan balik ke kotanya, tiba-tiba ada aturan wajib menunjukkan sertifikat vaksin sehingga bingung.

Lebih lanjut dijelaskan untuk vaksinasi dosis kedua saja, pihaknya sampai Kamis siang, 22 Juli 2021 masih menunggu kiriman dari propinsi sekitar 43 ribu sasaran. PAdahal untuk dosis kedua sudah terjadwal dimulai minggu depan. Dinkes sudah berkirim surat, karena dosis pertama sudah terlanjur dihabiskan.