Jelajah

Warga Tak Perlu Cemas Dengan Kajian BMKG Soal Potensi Terburuk Bencana Tsunami dan Gempa Yang Mungkin Terjadi di Jatim

BPBD Ponorogo minta kepada warga tidak perlu cemas dengan pemberitaan terkaitĀ  kajian Badan Meteorologi Klimatologi Dan Geofisika (BMKG) yang mengingatkan potensi terburuk bencana tsunami akibat gempa bumi yang kemungkinan terjadi di wilayah pantai selatan Jatim. Pasalnya kajian tersebut bukan untuk menakuti warga melainkan untuk menjadikan mitigasi agar waspada dan berhati-hati.

Setyo Budiono Kabid kedaruratan dan logistik BPBD menjelaskan warga harus terbiasa hidup berdampingan dengan gempa bumi. Caranya dengan mempelajari hal apa saja yang bisa dilakukan untuk menghindari reruntuhan bangunan akibat gempa. Sebenarnya di Ponorogo sendiri, tidak ada titik terbesar yang menjadi pusat gempa bumi, namun jika toh ada akan terkena dampaknya.

Kajian BMKG yang menyatakan Pantai Selatan Jatim Setinggi 29 Meter, genangan 22 Meter, merupakan potensi terburuk, jadi bukan prediksi. Pihaknya juga berkoordinasi dengan BMKG, jika ada perkembangan data terkait titik rawan gempa di Ponorogo untuk bisa disampaikan.