SMKN 1 Slahung Siap Ciptakan Mobil Pembersih Jalan Road Sweeper

Sekolah boleh di pinggiran, namun soal inovasi dan kreativitas jangan pernah diragukan. Itulah SMKN 1 Slahung Ponorogo, sekolah yang ada di Desa Galak Slahung tersebut siap membuktikan kompetensinya dengan sebuah karya mobil pembersih jalan atau road sweeper. Jika nanti sukses, siap mendukung pemerintahan Sugiri – Lisdyarita untuk mewujudkan Ponorogo hebat.


Drs. Kunto Wiyono MT, Kepala SMKN 1 Slahung kepada Gema Surya mengatakan, alat road sweeper nanti akan dioperasionalkan untuk  membersihkan jalan-jalan di Ponorogo dari sampah dan debu khususnya di HOS Cokroaminoto. Saat ini pihaknya tengah melakukan persiapan, di mana telah membentuk tim yang terdiri dari para siswa dan guru  di sekolahnya, sejumlah alumni ITS dan guru SMPN 1 Jetis Dwi Sujatmiko. 

Untuk mobil sendiri, merupakan sumbangan dari Pemkab Ponorogo yang nantinya dimodifikasi sedemikian rupa untuk bisa dijadikan mobil penyapu sampah kota. Diakui jika pembuatan mobil road sweeper menjadi tanggung jawab yang berat bagi sekolahnya. Namun dengan skill dan kompetensi yang ada, pihaknya optimis dalam waktu 2 bulan proyek tersebut rampung.

Apalagi membuat karya bagi kota tercinta Ponorogo merupakan suatu kebanggaan dan Pemkab bisa lebih menghemat anggaran. Bayangkan untuk membeli satu unit mobil pembersih jalan perlu anggaran miliaran rupiah, tapi dengan rakitan sendiri, lebih efisien.

Lebih lanjut Kunto menjelaskan cara kerja mobil road sweeper. Untuk itu tim yang dibentuk, komplit yang memiliki keahlian masing masing. Kendalanya hanya pada sejumlah onderdil, yang harus didatangkan dari luar. Harapannya proyek besar tersebut bisa dilaksanakan dengan baik dan bermanfaat untuk kemajuan Ponorogo dibawah pemerintahan Bupati Sugiri Sancoko dan Wabup Lisdyarita. (rl)