Jelajah

161 Jenazah Korban Covid 19 Dimakamkan Tim MCCC Sejak Pandemi

Setahun pandemi covid 19, kiprah relawan Muhammadiyah Covid 19 Command Center (MCCC), semakin terlihat.  Kegiatan- kegiatan yang telah dilakukan diantaranya memberikan edukasi, penyemprotan desinfektan, hingga penyaluran bantuan sosialisasi kepada masyarakat. Yang tak kalah pentingnya MCCC ternyata ikut terlibat langsung dalam proses pemakaman pasien meninggal dunia akibat virus corona.

Seperti disampaikan koordinator MCCC, Muhammad Muftachi, menjelaskan tim relawan awalnya memenuhi permintaan dari rumah sakit Muhammadiyah dan Aisyiyah, namun seiring berjalannya waktu juga melayani permintaan masyarakat umum. Diceritakan, setiap proses pemakaman pihaknya menerjunkan 6 personel, jumlah tersebut untuk antisipasi agar tidak terjadi kendala saat pengangkatan jenazah, mengingat jenazah pasien covid 19 juga menggunakan peti, sehingga beban nya pasti bertambah berat.

Sejauh ini, lanjut Tachi, sapaan akrabnya , sejak pandemi, pihaknya sudah membantu memakamkan tidak kurang dari 161 jenazah. Jumlah meningkat tajam dibanding di awal-awal pandemi. Bila sebelumnya, rata-rata seminggu hanya 2-3 kali saja, namun sejak Januari 2021, hampir tiap hari tim relawan ada tugas untuk membantu pemakaman jenazah covid 19. Selain di dalam kabupaten ponorogo, MCCC juga makamkan jenazah covid 19 hingga ke wilayah Pacitan.