Lagi, Pedagang Pasar Legi Unjuk Rasa Tagih Janji Terkait Pembagian Kios

Meski Pasar Legi Ponorogo megah berdiri, namun masih menyisakan masalah terkait penataan kios sejumlah pedagang. Rabu (7/4/2021) pagi, puluhan pedagang melakukan aksi unjuk rasa dengan membawa berbagai  berbagai poster tuntutan.


Pantauan Jurnalis RGS, aksi demo dimulai dari depan Pasar Legi di jalan KH Ahmad Dahlan, lalu bergeser ke depan gedung lantai 8 Pemkab. Tuntutannya masih sama agar Bupati menempati janji terkait pembagian dan penempatan lapak agar dikembalikan sesuai posisi sebelum dibangun. Sementara perwakilan peserta aksi sempat melakukan audiensi dengan Bupati Sugiri Sancoko di ruang bantar angin lantai Graha Krida Praja. 

Setyo Eko Wahono perwakilan peserta aksi mengatakan pihaknya juga  mencium adanya rumor jual beli kios dan lapak oleh oknum pemerintah.  Indikasi itu bisa dilihat adanya pedagang lama ada yang belum mendapatkan lapak tapi pedagang baru justru mendapatkan. Namun begitu, untuk sementara pihaknya merasa lega karena audiensi langsung ditemui Bupati Sugiri Sancoko dan berjanji akan membahasnya dengan OPD terkait.

Sementara itu Sugiri Sancoko Bupati Ponorogo sesuai audiensi mengungkapkan, pihaknya akan mempelajari tuntutan pedagang Pasar Legi seperti apa. Keputusan yang akan dibuat setelah bermusyawarah dengan pihak-pihak terkait dengan melibatkan pedagang Pasar Legi juga. 

Pihaknya juga akan mendalami rumor jual beli lapak. Harapannya rumor tersebut tidak terbukti, jika benar akan siap memberlakukan sanksi tegas jika nanti melibatkan ASN. (yd/rl)