Lagi, Petugas Rutan Ponorogo Gagalkan Penyelundupan Narkoba Melalui Kardus Berisi Makanan

Petugas rumah tahanan ( rutan ) kelas II B Ponorogo kembali berhasil gagalkan penyelundupan narkotika jenis sabu, melalui kiriman paket makanan. Barang haram itu diselipkan ke dalam kardus yang berisi makanan. Total ada empat paket serbuk kristal putih yang ditemukan didalam kardus makanan itu dimana pengirim sengaja memanfaatkan kurir ekspedisi. Arya Galung, Kepala Rutan kelas 2 B Ponorogo mengatakan kasusnya sudah dilimpahkan ke polisi guna penyidikan lebih lanjut.


Adapun calon penerima paket makanan itu merupakan warga binaannya berinisial FK, seorang narapidana layaran dari rutan Medaeng . Dirinya mengaku mendapatkan paket makanan berasal dari kerabatnya di Surabaya. Sesuai prosedur tetap ( protap ) sebelum diserahkan ke FK, paket tersebut mendapat pengecekan petugas. Ketika dibedah sebenarnya paket sabu sabu tersebut belum ditemukan sehingga akhirnya makanan diserahkan ke FK. Yang membuat petugas curiga, ketika FK memaksa meminta kardus pembungkus tersebut, dengan dalih akan digunakan untuk alas tidur. Setelah kardus diteliti ternyata terselip paket sabu-sabu sehingga langsung diamankan.

Arya Galung menambahkan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Satresnarkoba Polres Ponorogo untuk mengusut temuan ini. Selama lima bulan terakhir, Rutan Kelas II B Ponorogo berhasil menggagalkan tiga kali penyelundupan narkoba ke dalam rutan.