Temuan Mortir Gegerkan Warga Ngrukem Mlarak

Warga Ngrukem Mlarak geger, setelah diketemukanya mortir pada Senin pagi, 1 Maret 2021, di ladang milik Suwito 62 Tahun, warga Grogol Sawoo yang memiliki ladang di Ngrukem. Bambang Mampriyono, Kades Ngrukem Mlarak membenarkan penemuan mortir tersebut di RT 1 RW 1 Ngrukem 2 sekitar jam 9 pagi. Lokasi sempat dipasangi garis polisi, dan ada penjagaan baik dari TNI dan Polri. Wargapun dilarang mendekati area penemuan.


Kronologis penemuan mortir tersebut, masih kata Bambang, awalnya Suwito, sang pemilik lahan membersihkan ladang miliknya, saat itulah dia melihat di parit ada besi yang berkarat. Saat digali betapa terkejutnya dia, ternyata ada benda diduga  bom. Suwito pun mengambil benda tersebut, dan menggali lebih dalam lagi, ternyata masih ditemukan beberapa buah. Karena takut akhirnya langsung melaporkan ke pihak terkait.

Sementara Serka Muhsin – Babinsa Desa Setempat mengatakan, bahwa total mortir yang diketemukan berjumlah 8 buah. Posisi mortir kemudian diboyong di Makodim karena mortir-mortir tersebut diduga masih aktif, selanjutnya untuk memastikan kondisinya, akan diteliti oleh PT. PAL Madiun.