Sayap DAM Tempuran Bancar Bungkal Ambrol, 5 Hektar Lahan Pertanian Terancam Banjir

Para petani di Dukuh Duwet Desa Bancar Bungkal yang memiliki lahan pertanian di sekitar dam Tempuran,  resah. Ini setelah satu minggu, kedua sayap dam tersebut ambrol. Untuk sayap sisi timur, ambrol sekitar 4 meter sedangkan barat malah 11 meter.


Nur Kholis, Sekretaris Desa Bancar membenarkan ambrolnya dua sayap dam tersebut di mana penyebabnya karena banjir bandang. Selain itu banjir saat itu juga membuat pohon jati yang ada disekitar dam dan mengenai sayap dam. Akibatnya embong bisa tergerus yang bisa membahayakan areal persawahan di sekitarnya.

Pantauannya, ada sekitar 5 hektar lahan pertanian yang ada di dekat sisi barat dam, jika hujan deras turun lagi maka ancamannya akan terendam banjir. Pihaknya sudah melaporkan masalah tersebut ke kecamatan untuk bisa ditindak lanjuti. 

Upaya yang dilakukan saat ini adalah dengan membuat sesek. Lebih lanjut dikatakan, jika ambrolnya sayap jembatan karena banjir bukan kali pertama, 4 tahun lalu kejadian sama terjadi dan sudah diperbaiki. Tapi kini ambrol kembali. (rl)